RSS

Es dari Larutan Garam


Wow terlalu telat memang karena sudah sangat jarang mengupdate blog KIR yang sangat sepi ini. But at least, we want to share what we had done
20 Februari lalu kita buat suatu percobaan kecil, namanya es dari larutan garam, sangat mudah kok cara pembuatannya. But how about trying? It's fun!

Alat dan Bahan :
- 1 stoples selai kosong
- Plastik es
- Garam
- Es batu

Langkah-langkah :
1. Letakkan plastik es diatas meja, lalu tuangkan satu sendok makan air ke atasnya
2. Masukkan potongan es ke dalam stoples selai, dicampurkan dengan segenggam garam, dan aduk hingga merata
3. Letakkan stoples di atas plastik es yang basah

Voilla! Setelah beberapa saat, air yang ada di atas plastik es akan membeku.

Kenapa?
Air garam membeku pada suhu yang jauh lebih rendah daripada air murni sehingga garam dapat menyebabkan es mencair. Kalor diperlukan pada saat pencairan. Oleh karena itu, cairan akan membeku hingga suhu -10° C. Larutan air garam yang telah membeku jauh lebih dingin dibanding es asalnya dan menjadikan air di atas plastik tersebut membeku.

Trivia :
Sebelum ditemukannya lemari pendingin atau yang biasa kita sebut kulkas/refrigerator, pada musim panas orang membuat es krim dari campuran es dan garam.
Garam dan potongan-potongan es adalah campuran untuk proses pembekuan tersebut. Garam akan larut jika es mencair. Kalor dibutuhkan untuk mencairkan maupun melarutkan garam. Dan jika campuran es dan garam tersebut memiliki perbandingan 2:1, temperaturnya dapat mencapai -20° C

Mudah kan? :)

KIR SMAN 54 Jakarta

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Anonim mengatakan...

hahahah
mo wat es kok bahannya pake es hahahaha

pake sodium asetat iya kaleeee

Posting Komentar