RSS

Make a "Tempe"

Hallo! Long time no see all.. Udah lama nih ga update apa yang dilakukan KIR 54. Hmm meskipun ini udah lewat ya lumayan lama, gapapa ya ;)


10 Februari 2013
Waah udah 2 bulan yang lalu nih teman-teman..
Terhitung dari masa kami menjabat, ini adalah pertemuan rutin  keenam kami, pada pertemuan ini kami membuat tempe! Seru ga tuh? Hehe
Ya walaupun tangan menjadi sedikit bau saat mencuci kedelainya tapi kami jadi punya pengalaman membuat tempe.
Bukan cuma yang mau jadi pengusaha tempe yang bisa buat tempe tapi ternyata kami juga bisa kkeke
Membuat tempe juga ada tahapannya teman-teman. Ya ga mungkin juga sih sesuatu itu langsung jadi *Abaikan* hehe

Kalian tau kan apa bahan utama tempe? Ya, kacang kedelai.
Sebelum dibersihkan, kacang kedelai direbus hingga empuk setelah itu air rebusan dibuang dan kacang kedelai tersebut dimasukan kedalam plastik dan didiamkan selama semalam ditempat yang tidak dingin/panas maupun lembab.
Setelah itu bersihkan kacang kedelai dari lendir lendirnya. Ingat! Harus bersih. Ditahap ini memang agak sedikit bau tangan kita-_- nah lendir ini kenapa dibersihkan biar ga menganggu perkembang biakan bakterinya.



Lalu, Tambahkan semacam apa ya?._. Ada yang tau? Maap lupa namanya. Pokoknya untuk mempercepat bakterinya berkembang biak. Kalo buat pemula seperti kita itu dijual dipasar. Kalo taraf pengusaha mungkin dia membuat sendiri.lalu, Campurkan dengan kacang kedelai yang sudah bersih tadi.
Setelah itu, proses pengemasan. masukan ke dalam plastik 1/4 kg. Kalo mau pakai daun atau dimodelin juga bisa kok._. Tapi ada beberapa anggapan kalo diplastik dan didaun itu beda rasanya, di daun lebih alami. Padahal sama aja cuma sugesti masyarakat yang membuat jadi berbeda.
Lalu, buat plastik itu kedap udara. Bisa distreples *aduh-_- bahasanya* atau bisa dipakai lilin biar merapat.


Nah! Finaly udah selesai proses pembuatan tempenya. Gampang kan?
Oh iya setelah udah selesai kaya tadi. Taruh tempe ditempat yang tidak terlalu panas/dingin atau lembab. Dan balik beberapa kali posisinya ;D tunggu sekitar 2 hari.
Hmm.. kita bisa dibilang gagal ga gagal juga sih dalam pembuatan tempe ini, karena waktu itu kita ngambil tempenya kelamaan jadi ada beberapa tempe yang udah berjamur. Sayang banget kan! T_T
Tapi setidaknya kita udah mencoba! Udah dapet pengalaman juga dan kalo mau buat lagi udah tau caranya. Iyakan teman-teman?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar